Tuesday, February 21, 2017

MENDIDIK DENGAN KEKUATAN FITRAH



Yang dimaksud mendidik dengan kekuatan fitrah adalah pendidikan yang dilakukan dengan hati untuk mendampingi anak-anak agar menemukan fitrah pada dirinya. Macam-macam fitrah yang dibawa oleh seorang anak adalah fitrah ilahiyah, fitrah belajar, fitrah bakat, fitrah perkembangan, fitrah seksualitas, dll. Untuk dapat membantu anak-anak menemukan fitrahnya, sebagai orang tua kita perlu terlebih dahulu memahami fitrah diri kita pribadi. 

Untuk itu, perlu dilakukan perenungan terhadap tujuan hidup kita dan langkah-langkah apa yang sudah kita kerjakan untuk mecapai tujuan hidup tersebut. Seperti yang sudah saya tulis pada post sebelumnya, tujuan hidup saya saat ini adalah agar saya dapat menjadi manager rumah tangga yang baik. Hal-hal yang sudah saya laguna untuk mencapai tujuan ini adalah dengan memperbaiki pola komunikasi antara saya dengan angora keluarga yaitu suami dan anak saya. Saya juga terus mengupgrade diri saya dengan melanjutkan pendidikan di jalur formal dan mengikuti seminar-seminar dan pelatihan informal baik untuk parenting ataupun pengembangan karir. Selain itu, saya juga terus memperbaiki diri agar peran saya di ranah publik dalam bidang pendidikan dapat lebih maksimal dan memberikan manfaat kepada masyarakat yang lebih luas.

Adapun milestone yang perlu saya buat untuk memandu perjalanan hidup saya adalah
KM 0 - 1 : Membangun komunikasi yang baik dengan suami
KM 1 - 2 : Menanamkan nilai-nilai karakter yang baik kepada Anak 
KM 2 - 3 : Menyelesaikan program doktor
KM 3 - 4 : Membuat strategi pembelajaran Bahasa Inggris terbaru


Semoga saya bisa consistent untuk tetap berada di jalur saya tanpa tergoda untuk berhenti di tempat yang naaman atau berbelok menuju ke arah yang salah. Tugas manusia untuk terus berusaha dan ALLAH lah yang akan menentukan hasil akhirnya.

No comments:

Post a Comment